Blitar- Fakulta Hukum Universitas Muhammadiyah Surabaya, mengadakan Kuliah Tamu dan Study Lapangan ke Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas I Blitar, Selasa 27 November 2016. Sistem Peradilan Pidana Anak (SPPA) merupakan salah satu mata kuliah di Fakultas Hukum UMSurabaya, secara teori mahasiswa diberikan Pengetahuan terkait dengan sistem peradilan pidana anak, mulai dari proses penyidikan sampai putusan. untuk menunjang itu, perlu kiranya mahasiswa dapat melakukan study lapangan ke Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA).

Seperti yang diungkapkan Wakil Dekan I Muridah ISnawati, SH., MH. tujuan dari study lapangan ini adalah untuk memperkaya pengetahuan mahasiswa tentang mata kuliah sistem peradilan pidana anak, yang mana dibangku kuliah hanya mendapatkan teori saja, diharapkan dengan adanya kunjungan ini Mahasiswa akan mendapatkan pengetahuan tentantang pembinaan, pembibingan, pelatihan, dan pendampingan anak yang berkonflik dengan hukum di LPKA kelas I Blitar.

Dalam acara study ini dibagi dua kegiatan, pertama, kuliah Umum yang langsung disampaikan oleh Kepala LPKA Blitar Bapak Kristyanto Wiwoho dan acara kedua Live In, yaitu Mahasiswa berbaur dengan anak didik LPKA dengan metode FGD, Sharing, materi motivasi serta game edukatif.