Surabaya- Menyambut hari anti korupsi dan hari HAM 2016, Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Surabaya mengadakan serangkaian kegiatan, mulai dari Seminar, Lomba, pameran poster, hingga bedah film, berikut adalah seranggakaian kegitan FH UMSurabaya;

a. Kuliah Tamu Internasional Dr. Vu Cong Giao University of Hanoi Vietnam Dalam pelaksanaan kegiatan ini kami ingin memperkenalkan kepada mahasiswa fakultas hukum UMSurabaya untuk meningkatkan wawasan global tentang praktik-praktik pemberantasan korupsi dan implementasinya. Dan juga dalam meningkatkan kualitas mahasiswa untuk lebih peka terhadap persoalan persoalan korupsi dan juga bagaimana tata kelola pemerintahan yang baik di indonesia melalui pengembangan wawasan sebagai bekal mahasiswa dalam mempelajari tema terkait dengan “anti corruption and good governance” di berbagai negara. Kegiatan ini akan diadakan pada tanggal 1 Desember 2016 pukul 13.00 wib di Universitas Muhammadiyah Surabaya.

b. Kuliah Tamu Internasional Human Rights Kegiatan ini akan menghadirkan Associate Prof. Dr. Azmi Bin Sharom dari Malaya University Malaysia yang akan membahas Hak Asasi Manusia di Malaysia dan Asia sebagai komparasi penegakkan HAM yang akan direfleksikan dalam penegakkan HAM di Negara Indonesia. Kegiatan ini akan diadakan pada tanggal 7 Desember 2016 pukul 13.00 Wib di Universitas Muhammadiyah Surabaya.

c. Lomba Poster Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan awareness dan kepekaan sosial bagi mahasiswa UMSurabaya terhadap realitas praktik-praktik korupsi serta pelanggaran Hak Asasi Manusia, bentuk kritik yang diekspresikan oleh mahasiswa UMSurabaya tersebut dituangkan dalam lomba poster dua dimensi yang selanjutnya akan didesiminasikan di lobby Rektorat Gedung G lantai dasar pada tanggal 7-9 Desember 2016, agar masyarakat kampus mendapatkan gambaran mengenai pesan anti-korupsi dan pembelaan HAM dari mahasiswa melalui media poster.

d. Bedah Film dan Apresiasi Seni Mahasiswa Pelaksanaan bedah filim ini dilakukan dalam suasana rekreatif namun serius, yang akan membedah beberapa film terkait dengan perselisihan antara masyarakat dengan perusahaan tambang di Wongsorejo, Kab. Banyuwangi, dimana dari praktik tambang tersebut masyarakat terlanggar HAM-nya. Selain itu, juga diadakan apresiasi seni yang diisi oleh mahasiswa dan sivitas akademika UMSurabaya berupa pentas musik, puisi, teaterikal, dan seni. Kegiatan ini akan diadakan pada tanggal 9 Desember 2016 pukul 18.00 Wib di Halaman Universitas Muhammadiyah Surabaya.

e. Launching Pusat Kajian dan Pengembangan Anti Korupsi (PKP-AK) FH UM Surabaya dan Seminar Nasional . Kegiatan ini akan diadakan pada tanggal 13 Desember 2016, dengan beberapa macam kegiatan yang pertama adalah kuliah umum sekaligus keynote speaker oleh Pimpinan/Komisioner KPK, Pelantikan Gubernur & Wakil Gubernur BEM FH UM Surabaya, dan dilanjutkan dengan Seminar Nasional yang menghadirkan para narasumber dari Transparansi Internasional Indonesia (TII) Luthfi J. Kurniawan (Malang Corruption Watch/Dosen UMM, dan Direktur PKP-AK FH UM Surabaya. Tema besar yang akan diangkat dalam seminar nasional ini adalah terkait peran kampus (baca: UMSurabaya) dalam rangka membaca praktik-praktik korupsi di Jawa Timur. Acara ini menjadi puncak dari serangkaian kegiatan bulan anti-korupsi dan hak asasi manusia 2016.