Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Surabaya Kembali menyelenggarakan webinar nasional kali ini berkolaborasi dengan The Law Treatis Study Group yang mengangkat tema “Dirkursus Hukum Perjanjian Internasional di Era Merdeka Belajar” menggunakan aplikasi zoom meeting pada kamis (18/03). Menghadirkan pembicara Dr. Wisnu Aryo Dewanto, S.H.,LL.M.,LL.M. (FH Universitas Surabaya), Jani Purnawanty Jasfin,S.H.,S.S.,LL.M. (FH Universitas Airlangga), Satria Unggul Wicaksana.P, S.H.,M.H (FH Universitas Muhammadiyah Surabaya).

Webinar ini dimoderatori oleh Zuhda Mila Fitriana, S.H.,LL.M. (FH UPN ‘Veteran’ Jawa Timur), kemudian opening speech oleh Jani Purnawanty Jasfin,S.H.,S.S.,LL.M. yang memamparkan program Study Group “The Law Treatis Study Group”. Kemudian dilanjutkan sambutan oleh Dekan Fakultas hukum universitas Muhammadiyah Surabaya Dr.Asri Wijayanti, S.H.,M.H.

Dr. Wisnu Aryo menyampaikan materi tentang memahami hukum perjanjian internasional dari prespektif Hukum internasional, beliau menjelaskan mengapa menggunakan judul dari prespektif hukum internasional? Karena mata kuliah rumpun hukum internasional seharusnya menggunakan sumber hukum yang berasal dari hukum internasional, sebagaimana yang diatur dalam pasal 38 ayat 1 statuta mahkamah internasional.

“Mengajarkan hukum perjanjian internasional seharusnya menggunakan konvensi wina 1969 versi Bahasa inggris. Kemudian dalam sebuah norma ada banyak konsep yang harus dijelaskan dan dipahami,untukmemahami konsep harus memahami definisi terlebih dahulu agar pemahaman kita tidak liar. Memahami norma harus juga memahami filosofi dan sosiologi. Menjadi sarjana hukum juga harus memahami Bahasa Indonesia akademik yang baik dan benar”. Paparnya dalam memberikan kesimpulan.

Kemudian selanjutnya, Jani Purnawanty Jasfin memaparkan materi tentang “mengajarkan HPI pada mahasiswa non hukum: in the spirit of merdeka belajar”. Kebijakan merdeka belajar merupakan pemberian peluang bagi para mahasiswa untuk mengambil 40 sks diluar program studi, sehingga dampak bagi para dosen, fakultas, maupun universitas untuk mempersiapkan mata kuliah agar bisa diikuti oleh mahasiswa diluar program studi.

“saya meluangkan waktu 1 tatap muka untuk menggali motivasi mereka mengambil mata kuliah ini dengan menyampaikan gambar besar keseluruhan materi yang akan dipelajari, apa manfaat mempelajari mata kuliah ini bagi mahasiswa FH, dan saya memerikan kesempatan mahasiswa melakukan refleksi kira-kira ilmu yang akan mereka tempuh selama 1 semester akan memberikan manfaat baik dari aspek knowledge maupun nanti jika bekerja” Ujarnya

“ada banyak point yang tertuang dalam naskah VCLT 1969 yang membantu dosen untuk lebih focus dalam mengemas dan merangkai bagian dari hukum internasional mana yang wajib diperkenalkan dan dikuasai oleh mahasiswa jika ingin mendalami hukum internasional”. Ucapnya

Setelah itu Satria Unggul Wicaksana menyampaikan tentang peran perjanjian hukum internasional dalam pemberantasan korupsi lintas-batas negara. “dalam proses pengadaan seperti industry pertahanan juga memiliki potensi besar didalam korupsi lintas batas negara. Data dari riset transparas internasional menyebut bahwa hamper ¾ perusahaan pertahanan di dunia menunjukkan komitmen yang rendah terhadap nilai-nilai akuntanbilitas dan transparasi”. Ujar satria unggul.

“peran perjanjian internasional dalam proses penegakan hukum menjadi sangat vital kedudukanya yang pertama perjanjian internasional mengikat komitmen antar negara. Yang ke dua prinsip perjanjian internasional memuat hubungan timbal balik saling menguntungkan. Dan yang ke tiga berbagai mekanisme perjanjian internasional dapat dilakukan untuk proses penegakan hukum” tambahnya

Selesai sesi pemaparan materi oleh para narasumber dilanjutkan pada sesi penanggap yang ditanggapi oleh Laksada TNI (Purn) Dr. Agung Pramono, S.H.,M.Hum. (FH Universitas Hang Tuah), Dr. Maskun, S.H.,LL.M (FH Universitas Hasanudin). Webinar tersebut mendapat antusias yang sangat baik dilihat banyaknya pertanyaan-pertanyaan dari peserta yang ditujukan kepada narasumber.

Materi Webinar dapat diunduh pada tautan berikut klik disini

Youtube Webinar Nasional FH UMSurabaya x Study Club of International Treatis dapat disimak pada tautan berikut klik disini

Leave a Comment