Peresmian Pos Bantuan Hukum (POSBAKUM) PW Aisyiyah Jatim

Majelis Hukum dan HAM PW Aisyiyah Jawa Timur, pada hari Rabu, 20/10/2021 telah dilaksanakan peresmian kantor Pos Bantuan Hukum (Posbakum) Aisyiyah Jawa Timur, yang berkantor di Jalan Darmokali 1F Surabaya.

DR. KH Saad Ibrahim, ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Timur memberikan pengarahan terkait kegiatan Posbakum dengan mengutip kaidah-kaidah dalam fiqh murafa’at. Sala satunya adalah kaidah “idrakul hududa fil syubuhat”, menghindarkan hukuman dari hal yang meragukan. Menurut beliau, spirit ini penting dipahami agar bantuan hukum dapat mendorong terjadinya 3 tujuan penting dari Hukum itu sendiri, yakni sebuah kepastian hukum, Keadilan Hukum, dan Kemanfaatan Hukum.

Acara tersebut juga dihadiri oleh Ketua Pimpinan Wilayah Jawa Timur, Hj. Siti Dalilah Candrawati. Ketua Majelis Hukum dan HAM PWA Jatim, Arini Jauharoh, S.H, M.Kn,. serta pengurus Posbakum Aisyiyah Jawa Timur.

Dalam pelaksanaannya, Posbakum Aisyiyah Jawa Timur bekerjasama dengan Universitas Muhamadiyah Surabaya melalui Fakultas Hukum dan Fakultas Agama Islam. Pada kesempatan tersebut, Dekan FH UMSurabaya yang mewakili Rektor UMSurabaya, Dr.Asri Wijayanti.,MH menyatakan, bahwa Diera seperti sekarang, manusia telah didorong untuk melaksanakan segala kegiatannya dengan bantuan teknologi yang ada, bukti nyata dari kemajuan teknologi tersebut dapat kita rasakan manfaatnya, seperti aktifitas sehari-hari mulai dari Pendidikan, kesehatan, ekonomi, dll.

Akibat dari pergeseran tersebut, tidak hanya menimbulkan manfaat, tetapi juga muncul bentuk-bentuk Tindakan baru, tak terkecuali modus kejahatan yang semakin berkembang. hadirnya Posbakum dalam rangka menyiapkan calon-calon praktisi hukum yang kompeten dan profesional, “serta untuk mengimplementasikan konsep Merdeka Belajar-Kampus Merdeka”, imbuhnya

Pada kesempatan ini pula, Ketua PWA Jatim, menuturkan harapannya agar setiap pimpinan daerah ditingkat kabupaten/kota se-Jawa Timur juga membentuk posbakum yang juga bekerjasama dengan Perguruan Tinggi Muhammadiyah pada masing-masing kabupaten/kota, “sehingga diharapkan dapat memberikan manfaat bagi masyarakat yang membutuhkan bantuan hukum”, Imbuh Candra, sapaan akrab beliau.

Selain peresmian Posbakum, pada kesempatan tersebut juga dilaksanakan penyuluhan hukum oleh Prof Nurul Barizah Dekan (Mantan Dekan FH Unair). Dalam paparannya, ia menjelaskan pentingnya pendampingan hukum bagi masyarakat kaum urban dan kaum marginal, terlebih terhadap kaum rentan yakni perempuan dan anak.

Acara yang tersebut dihadiri 30 orang undangan secara luring, dan ratusan peserta secara daring. Agenda tersebut dilaksanakan secara hybrid dengan memadukan antara pelaksanaan secara luring dengan prokes ketat, dan secara daring melalui aplikasi Zoom Meeting.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *