Sejarah

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Universitas Muhammadiyah Surabaya pada mulanya terdiri dari beberapa lembaga pendidikan tinggi yang sudah ada sebelumnya. Lembaga tersebut adalah Fakultas Ilmu Agama Jurusan Dakwah (FIAD) berdiri sejak 15 September 1964. Fakultas Tarbiyah tahun 1975 IKIP Muhammadiyah Surabaya tahun 1980, Institut Teknologi Muhammadiyah Surabaya Tahun 1983 dan Fakultas Syariah Surabaya tahun 1982.Berdasarkan SK Mendikbud RI No. 01041/0/1984 dalam rangkaian proses terdaftar, IKIP Muhammadiyah Surabaya Institut Teknologi Muhammadiyah (ITM) Surabaya dan Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah di Gresik digabung mejadi satu Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah di Gresik digabung menjadi satu lembaga dengan nama Universitas Muhammadiyah Surabaya.

Semula Universitas Muhammadiyah Surabaya terdiri dari 3 (tiga) Fakultas : FKIP sebagai jelmaan dari IKIP Muhammadiyah. Fakultas Teknik (FT) jelmaan dari ITM dan (FE) dari FE Unmuh Surabaya di Gresik.Berdasarkan SK Mendikbud RI No. 0142/0/1984, semua program studi untuk strata 1 (S-1) diberi status terdaftar.

Berdasarkan SK PWM Jawa Timur No.Kep/003-V/1985, Fakultas Ushuludin (FIAD), Fakultas Tarbiyah dan Fakultas Syariah berinduk ke Universitas Muhammadiyah Surabaya dan ketiganya menjadi nama baru Fakultas Ilmu Agama (FIA). Sesuai tuntutan jaman, sampai saat ini Universitas Muhammadiyah berkembang dengan pesat yang ditandai dengan semakin bertambahnya beberapa program studi.

Berdasarkan Surat Keputusan Direktur Jendral Pendidikan Tinggi No.1817/D/T/2001, tanggal 29 Mei 2001 tentang ijin penyelengaraan Program Studi Ilmu Hukum (S-1) maka berdirilah Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Surabaya (FH UM Surabaya) dengan memiliki dua konsentrasi yaitu Konsentrasi Hukum Bisnis dan Konsentrasi Hukum Peradilan.